My Life

My Life

Senin, 01 Oktober 2012

Kompetensi Kepribadian, Sosial dan Profesional Guru


KOMPETENSI KEPRIBADIAN, SOSIAL DAN PROFESIONAL GURU

             Kompetensi Kepribadian merupakan sejumlah kompetensi yang berhubungan dengan kemampuan pribadi dengan segala karakteristik yang mendukung pelaksanaan tugas guru.
Beberapa kompetensi kepribadian guru, antara lain sebagai berikut :
1.    Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
2.    Percaya pada diri sendiri
3.    Tenggang rasa dan toleran
4.    Bersikap terbuka dan demokratis
5.    Sabar dalam menjalani profesi keguruannya
6.    Mengembangkan diri bagi kemajuan profesinya
7.    Memahami tujuan pendidikan
8.    Mampu menjalin hubungan insane
9.    Memahami kelebihan dan kekurangan diri sendiri
10. Kreatif dan inovatif dalam berkarya

             Kompetensi Sosial merupakan kemampuan guru untuk menyesuaikan diri kepada tuntutan kerja di lingkungan sekitar dalam waktu membawakan tugas sebagai guru. Sebab peran yang dibawakan seorang guru dalam masyarakat berbeda dengan profesi lain.
Beberapa kompetensi sosial guru, antara lain sebagai berikut :
1.     Terampil berkomunikasi dengan peserta didik dan orang tua peserta didik
2.     Bersikap simpatik
3.     Dapat bekerja sama dengan Dewan Pendidikan / Komie Sekolah
4.     Pandai bergaul dengan kawan sekerja dan mitra pendidikan
5.     Memahami dunia sekitarnya ( lingkungan )

             Kompetensi Professional guru adalah sejumlah kompetensi yang berhubungan dengan profesi yang menuntut berbagai keahlian di bidang pendidikan atau keguruan. Kompetensi professional merupakan kemampuan dasar guru dalam pengetahuan tentang belajar dan tingkah laku manusia, bidang studi yang dibinanya, sikap yang tepat tentang lingkungan proses belajar mengajar dan mempunyai keterampilan dalam teknik mengajar.
Beberapa komponen mompetensi professional guru adalah sebagai berikut :
1.       Penguasaan bahan pelajaran beserta konsep – konsep.
2.       Pengelolaan program belajar mengajar.
3.       Pengelolaan kelas.
4.       Pengelolaan dan penggunaan media serta sumber belajar.
5.       Penguasaan landasan – landasan kependidikan.
6.       Kemampuan menilai prestasi belajar mengajar.
7.       Memahami pronsip – prinsip pengelolaan lembaga dan program pendidikan di sekolah.
8.       Menguasai metode berfikir.
9.       Meningkatkan kemampuan dan menjalankan misi professional.
10.   Memberikan bantuan dan bimbingan kepada peserta didik.
11.   Memiliki wawasan tentang penelitian pendidikan.
12.   Mampu menyelenggarakan penelitian sederhana untuk keperluan pengajaran.
13.   Mampu memahami karakteristik peserta didik.
14.   Mampu menyelenggarakan administrasi sekolah.
15.   Memiliki wawasan tentang inovasi pendidikan.
16.   Berani mengambil keputusan.
17.   Memahami kurikulum dan perkembangannya.
18.   Mampu bekerja secara terencana dan terprogram.
19.   Mampu menggunakan waktu secara tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar