KOMPETENSI
KEPRIBADIAN, SOSIAL DAN PROFESIONAL GURU
Kompetensi Kepribadian merupakan
sejumlah kompetensi yang berhubungan dengan kemampuan pribadi dengan segala
karakteristik yang mendukung pelaksanaan tugas guru.
Beberapa kompetensi kepribadian guru, antara lain sebagai berikut :
1.
Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
2.
Percaya pada diri sendiri
3.
Tenggang rasa dan toleran
4.
Bersikap terbuka dan demokratis
5.
Sabar dalam menjalani profesi keguruannya
6.
Mengembangkan diri bagi kemajuan profesinya
7.
Memahami tujuan pendidikan
8.
Mampu menjalin hubungan insane
9.
Memahami kelebihan dan kekurangan diri sendiri
10. Kreatif
dan inovatif dalam berkarya
Kompetensi Sosial merupakan kemampuan
guru untuk menyesuaikan diri kepada tuntutan kerja di lingkungan sekitar dalam
waktu membawakan tugas sebagai guru. Sebab peran yang dibawakan seorang guru
dalam masyarakat berbeda dengan profesi lain.
Beberapa kompetensi sosial guru, antara lain sebagai
berikut :
1.
Terampil berkomunikasi dengan peserta didik dan
orang tua peserta didik
2.
Bersikap simpatik
3.
Dapat bekerja sama dengan Dewan Pendidikan /
Komie Sekolah
4.
Pandai bergaul dengan kawan sekerja dan mitra
pendidikan
5.
Memahami dunia sekitarnya ( lingkungan )
Kompetensi Professional guru adalah
sejumlah kompetensi yang berhubungan dengan profesi yang menuntut berbagai
keahlian di bidang pendidikan atau keguruan. Kompetensi professional merupakan
kemampuan dasar guru dalam pengetahuan tentang belajar dan tingkah laku
manusia, bidang studi yang dibinanya, sikap yang tepat tentang lingkungan
proses belajar mengajar dan mempunyai keterampilan dalam teknik mengajar.
Beberapa komponen mompetensi professional guru adalah sebagai berikut :
1.
Penguasaan bahan pelajaran beserta konsep –
konsep.
2.
Pengelolaan program belajar mengajar.
3.
Pengelolaan kelas.
4.
Pengelolaan dan penggunaan media serta sumber
belajar.
5.
Penguasaan landasan – landasan kependidikan.
6.
Kemampuan menilai prestasi belajar mengajar.
7.
Memahami pronsip – prinsip pengelolaan lembaga
dan program pendidikan di sekolah.
8.
Menguasai metode berfikir.
9.
Meningkatkan kemampuan dan menjalankan misi
professional.
10.
Memberikan bantuan dan bimbingan kepada peserta
didik.
11.
Memiliki wawasan tentang penelitian pendidikan.
12.
Mampu menyelenggarakan penelitian sederhana
untuk keperluan pengajaran.
13.
Mampu memahami karakteristik peserta didik.
14.
Mampu menyelenggarakan administrasi sekolah.
15.
Memiliki wawasan tentang inovasi pendidikan.
16.
Berani mengambil keputusan.
17.
Memahami kurikulum dan perkembangannya.
18.
Mampu bekerja secara terencana dan terprogram.
19.
Mampu menggunakan waktu secara tepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar